Kamis, 02 November 2017

Pengenalan Kewirausahaan Pada Usia Dini

Pengenalan Kewirausahaan Pada Usia Dini 

Pengenalan Kewirausahaan Pada Usia Dini dengan media bazar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak-anak di Desa Nglarangan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro, 15 September 2017, pengenalan kewirausahaan bisa dilakukan sejak pendidikan usia dini. Pengenalan ini bisa berjalan dengan melalui belajar sambil bermain yaitu dengan media bazar agar tertanam hingga dewasa. Hal ini yang coba dilakukan oleh tim dari Program Studi Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro yang terdiri dari Ayis Crusma Fradani, M. Pd. , Drs. Sarjono, M. M. , Dr. Ifa Khoiria Ningrum, SE., MM. , Fruri Stevani, M. Pd.  dan Rika Pristian F. A, M. Pd.  di desa Nglarangan kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini bertempat di balai desa setempat dan diikuti oleh anak-anak terdiri dari Paud dan TK yang ada di desa tersebut.
Saat ini, rata-rata masyarakat masih ingin bekerja sebagai karyawan dibanding menjadi pengusaha. Padahal dalam suatu Negara yang sedang berkembang, peranan para wirausahawan tidak dapat diabaikan terutama dalam melaksanakan pembangunan. Mereka dapat berkreasi serta melakukan inovasi secara optimal dengan mewujudkan gagasan-gagasan baru menjadi kegiatan yang nyata dalam setiap usahanya sehingga bangsa tersebut akan berkembang lebih cepat. Untuk itu pengenalan pendidikan kewirausahan sangatlah penting untuk ditanamkan sedini mungkin, jelas Fruri Stevani, M.Pd. Kaprodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro.
Karakter seorang anak dibangun melalui apa yang yang didengarkan, apa yang dilihat dan apa yang dirasakan. Pendengaran dan penglihatan adalah pintu masuk pelajaran sebelum masuk menempa hati nuraninya. Melalui seluruh indra yang manusia miliki inilah, akan muncul pembelajaranyang kuat terkait dengan apa-apa yang diterima oleh indra. Bila anak terbiasa dengan dunia wirausaha sejak kecil, maka karakter inilah yang akan muncul kelak ketika anak dewasa, imbuh salah satu anggota tim Rika Pristian F. A, M. Pd.
Dalam prakteknya anak-anak sangat menikmati kegiatan ini karena diselingi dan dengan permainan dan mereka didampingi oleh Ibu Guru mereka.


EmoticonEmoticon